Search This Blog

Sunday, August 22, 2010

MENGAPA MEDIA PENTING?

Definisi Media

Sebuah konstruk model produk budaya yang banyak dipengaruhi oleh perubahan sosial dan gaya hidup. Ada media yang secara khusus menyajikan isu-isu politik di dalamnya, ada juga juga yang 'tidak mahu' menyajikannya tapi justru 'menggunakannya' sebagai wadah penyalur keperluan peribadi atau kelompoknya yang mengandungi satu visi dan misi yang sama.

Fred Inglis mengartikan Teori Media sebagai Teori Politik. Karena media; mau tidak mau, dengan maksud atau tanpa maksud merupakan alat politik, dan akan selalu menjadi alat politik. Sehingga kepentingan politik kelompok tertentu, atau bahkan seorang individu sekali pun bisa tersalurkan. Politik tidak selalu identik dengan negara, pemerintah, pejabat, hukum atau militer. 

Aristoteles mengkategorikan manusia sebagai makhluk yang cenderung politis; selalu mempunyai, dan ingin, mengaspirasikan kepentingannya. Dalam hal ini istilah politik sangat umum sekali sifatnya. Politik menembus berbagai dimensi teks kehidupan: Institusi Sosial dan Politik (Formal & Informal), Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan.


Kepentingan Media


Media memberi banyak kepentingan kepada manusia. Melalui media, banyak informasi² penti yang boleh diperolehi. Setiap informasi yang diperolehi adalah tepat dan pantas.

No comments:

Post a Comment